Waspadai Konsumsi GulaSi Kecil

jam

Berdasarkan penelitian banyak mengkonsumsi gula akan mengakibatkan penurunan kemampuan sel darah putih dalam membasmi bakteri sekitar 50% .Penurun fungsi kekebalan tubuh ini mulai muncul dalam kurun waktu 30 menit setelah mengkonsumsi gula,dan puncaknya setelah 2 jam dari konsumsi tersebut,serta efeknya masih akan terasa hingga 5 jam gula dicerna oleh tubuh.Dan celakanya makanan favorit anak di rumah seputar makanan yang banyak mengandung gula, seperti  es krim,kukis manis,permen,coklat dan roti berselai.Pasalnya hoby menyantap makanan yang manis manis dapat menimbulkan masalah kesehatan pada anak.

Telah banyak penelitian yang dilakukan yang membuktikan efek negative dari makanan ataupun minuman yang banyak mengandung gula secara berlebihan,mulai dari gangguan prilaku ,gejala alergi,masalah pencernaan,obesitas,sampai melemahnya imunitas tubuh,ancaman sakit gigi dan gigi berlubang

Menurut Dr spesialis anak dari Amerika Serikut,banyak pasiennya yang pulih dari keluhan penyakit menahunnya seperti pilek,produksi lendir pernapasan  berlebihan,batuk,serta infeksi sinus,berangsur pulih manakala mereka mengurangi konsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung banyak gula didalamnya.Lebih lanjut juga konsumsi gula berlebihan juga dapat menimbulkan obesitas.Dan tambahannya lagi konsumsi gula yang berlebihan juga dapat menimbulkan penurunan kemampuan belajar sang anak pada usia pra sekolah.Dan tidak hanya itu saja gula juga memiliki sifat adiktif yang mirip dengan efek kecanduan narkoba.Sebab efek candu inilah ,semakin banyak gula yang masuk kedalam tubuh kita,semakin tinggi pula keinginan kita untuk menyantap yang manis manis,masalahnya konsumsi gula berlebihan akan mengakibatkan kadar gula dalam darah,yang kemudian diikuti dengan produksi hormone insulin dalam jumlah besar.Kelebihan kadar insulin dalam darah tersebut yang kemudian akan memicu sensor pada otak untuk melahap lebih dan lebih banyak lagi.

Agar kita bisa mencegah anak kita dari resiko tersebut diatas sangat dianjurkan kita untuk mengurangi konsumsi gula harian anak kita.Memang mudah kalau hanya untuk dikatakan tapi sangatlah sulit dalam pelaksanaannya.Hal tersebut bukan hanya mengurangi takaran gula dalam sendok tapi juga mewaspadai asumsi makanan harian berupa biscuit,sereal,roti,coklat,kembang gula bahkan sampai buah buahan yang tersusupi oleh kandungan gula.Meski gula bisa berperan sebagai sumber energy untuk beraktivitas tetapi asupan gula perhari perlu dibatasi dikarenakan manfaat konsumsi gula lebih kecil dibandingkan potensi kerusakan yang ditimbulkannya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s